SALAH SATU VISI DAN MISI CALON WALI NAGARI III KOTO AUR MALINTANG

VISI, MISI DAN PROGRAM

BAKAL CALON WALI NAGARI III KOTO AUR MALINTANG

OLEH : A.S EDI

Disampaikan pada tanggal :   10  Maret 2012

 

 

Camat III Koto Aur Malintang Memberikan Kata Sambutan

A.s Edi sedang menyampaikan visi dan misi

 

Masyarakat III Koto Aur Malintang

Bismillahirrahmaanirrahiim,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

VISI  

Tersedianya potensi Sumber Daya Manusia, Energi dan Sumber Daya Alam  Nagari III Koto Aur Malintang, merupakan faktor pendukung  untuk mewujudkan “Keadaan dan Keberadaan Nagari III Koto Aur Malintang menuju masa depan yang lebih baik dan sejahtera” ,dengan menghayati  makna  Filsafah dan pepatah,

Adat basandi Syara’,  Syara’ basandi Kitabullah,

 Syara’ mangato, Adat mamakai”

 Musajik Jama’ahnyo ado, balerong saruangpun bapakai.

Pemangku adat adalah amanah,

Pemangku Syara’ merupakan ibadah,

Cadiak Pandai diajak sato.

Alim Ulama suluah bendang dalam nagari

Para Umara kayu gadang di tangah nagari

Rang Mudo parik paga dalam kampuang

Kaum ibu dalam Khazanah bundo kanduang.

Kondisi  nan sabana adat,

Indak lapuak dek hujan , indak lakang dek paneh,

Dianjak indaknyo layua, dibubuik ndaknyo mati

Dima bumi dipijak, disinan langik dijunjuang

Dima tambilang tahantak, disinan tinaman tumbuah

Alam takambang jadikan guru

Cancang tadahek jadi ukie

Suri tauladan dilingkuangan kampuang.

MISI

“Dengan penerapan  “DISIPLIN dan PENGELOLAAN TERPADU”

( Integrited Management  ) merupakan  kunci sukses perubahan Nagari III Koto Aur Malintang menuju masa depan yang lebih maju, mandiri dan bersahabat “ dengan mengamalkan  makna filsapah dan  pepatah,

Sasuai mangkonyo manjadi,

Saiyo manjadi tuah,

Samufakat manjadi adat,

Adat di isi,  limbago di tuang,

Hak dan kewajiban samo-samo berpeluang.

“Basilang kayu ditungku,

disinan api mangkonyo hiduik

Barek samo dipikue,

Ringan samo dijinjiang.

Kaluak paku kacang balimbiang,

dijujuang dilenggok – lenggangkan

Dibao anak urang Lubuak Sao,

Anak dipangku, kamanakan dibimbiang

Urang kampuang dipatenggangkan

Elok nagari jan binaso,

III Koto Aur Malintang, aman lagi santoso.

Allah SWT. Telah menganjurkan bahwa perlu adanya perubahan agar hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok semoga lebih baik dari hari ini.   “ Fainnama’al  ‘usri yusra. Innama’al ‘usri yusra. Faiza faraghta fansab. Wa illa rabbika farghab. Artinya : Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila telah selesai dari suatu urusan, kerjakanlah dengan sesungguhnya urusan yang lain. Surat Alamnasyrah, ayat  5 – 8.   

 

PROGRAM :

Kehadiran visi dan misi yang dicanangkan di Nagari III KotoAur Malintang,  di iringi  dengan penampilan  adanya program-program wajib dan program pilihan disegala bidang,

prosesnya harus terkontrol, terbuka dan dievaluasi  mengingat  prilaku kegiatan dalam suatu program, gerakannya membutuhkan  Konsekwensi Logis (aspek kinerja), Konsekwensi Psikologis (aspek sosial) dan Konsekwensi Finansial (aspek keuangan) yang perlu dipertanggungjawabkan   sesuai dan,atau melalui prosedur yang diberlakukan.

Pada kesempatan yang berharga ini, supaya   VISI dan MISI yang disampaikan tidak  terkesan adanya pembohongan publik dan berupa khayalan,  Insya Allah kita akan laksanakan beberapa program utama di Nagari III Koto Aur Malintang dengan menerapkan * DISIPLIN * dan * PENGELOLAAN TERPADU *  ( Integrited Management  )  tentang :

1. Memfasilitas Investasi Sumber Daya Manusia baik di Rantau maupun di Ranah , sesuai dengan kebutuhan “HAK DAN KEWAJIBAN” anak nagari III Koto Aur  Malintang sebagai Swadaya Pendamping yang dikondisikan dengan RPJMD Kab. Padang Pariaman.

2. Revitalitas  potensi   Energi dan Sumber Daya Alam Nagari III Koto Aur Malintang agar mengalami perubahan  peningkatan dan kemajuan sesuai  dinamika modernisasi dan globaliasasi dengan meminimalisir resiko  ekonomi, sosial, budaya,  adat dan sara’ anak nagari III Koto Aur Malintang.

3. Memprioritaskan tugas pokok dan wewenang aparatur penyelenggara Pemerintahan Nagari agar lebih serius memahami, menguasai  dan melayani urusan anak nagari sesuai petunjuk yang ditetapkan  sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja Wali Nagari, Sekretaris Nagari, Bendaharawan Nagari, Urusan Pemerintahan, Urusan Pembangunan, dan Urusan Kesejahteraan Rakyat/ anak  Nagari III Koto Aur Malintang.

4. Me-motivasi  kinerja Kepala Korong  sebagai   “representative in basic level “ ( ujung tombak pelayanan  masyarakat ditingkat bawah ). Tugas Kapalo Korong adalah pekerjaan berat dan mulia, mengingat, bahwa  Perencanaan, Kebijakan dan Realisasi Penggunaan APBD maupun APBN yang di alokasikan oleh pemerintah daerah kabupaten/ provinsi maupun pusat  di strukturisasikan hanya kedalam tiga posisi perangkat nagari, yakni :

                                       Urusan Pemerintahan

                                       Urusan Pembangunan, dan

                                       Urusan Kesejahteraan Rakyat

5. Membuka akses komunikasi dan informasi secara on line 24 jam melalui handphone dengan nomor kartu resmi milik pemerintahan nagari , agar berfungsi  memberi dan menerima berita dan pesan dari  dan untuk sekretariat nagari ,  Kapalo Korong dengan seluruh Kepala Keluarga yang berdomisili   dalam wilayah kenagarian III Koto Aur Malintang.

 6. Pembinaan Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ), Organisasi Masyarakat , Pemuda, Kesenian  dan Olahraga, Kelompok, majelis ta’lim dan lain-lainnya agar tampil berperan aktif,  konstruktif dan produktif di arena kompetisi menuju masa depan Nagari III Koto Aur Malintang yang lebih maju dan terkenal ditingkat nasional, regional dan internasional.

Demikan …………………………………………………………..

 Wassww………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>